Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) Blog

Domain Authority

Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) Blog – Hay,Bloggers Semua,Kembali Lagi Disini Bersama amstrongtex.com.Kali ini kita akan membahas tentang salah satu diantara ratusan metrik dan faktor penunjang rangking Blog kita di hasil pencarian yang menurut saya cukup penting yaitu Domain Authority (DA).

Domain Authority adalah metrik yang dikembangkan oleh Moz,Semakin tinggi otoritas domain anda,Maka semakin besar kemungkinan Blog tersebut untuk mendapatkan peringkat mesin pencari yang lebih tinggi dan menerima lebih banyak traffic yang lebih baik.Otoritas domain (Domain Authority) juga merupakan cara yang baik untuk mengukur upaya SEO anda serta membandingkan kekuatan Blog Anda dengan website pesaing Anda.

Cara Meningkatkan Domain Authority

Domain Authority vs Page Authority

Sebelum kita membahas bagaimana Domain Authority diperhitungkan dan bagaimana anda bisa meningkatkan Domain Authority Blog anda,penting untuk membedakannya dengan Page Authority (PA).Page Authority sendiri adalah metrik yang serupa,tetapi bukanlah metrik untuk mengukur kekuatan seluruh domain atau subdomain,Page Authority mengukur kekuatan peringkat dari satu halaman Blog.

Bagaimana Moz Menghitung Domain Authority?

Domain Authority diberi skor pada skala 1 hingga 100 (1 menjadi yang terburuk dan 100 menjadi yang terbaik) menggunakan algoritma yang dirancang oleh Moz.Skala logaritmiknya berarti jauh lebih mudah untuk meningkatkan skor anda jika Domain Authority anda berada pada 20 atau 30 daripada jika berada pada 70 atau 80.Domain Authority antara 40 dan 50 dianggap rata-rata,antara 50 dan 60 dianggap bagus dan lebih dari 60 dianggap sangat baik.

Jadi,bagaimana tepatnya Moz menentukan skor Domain Authority Blog anda? Ini menggunakan lebih dari 40 faktor yang berbeda, tetapi berikut ini adalah beberapa yang paling penting:

  • Linking Root Domains – Ini adalah jumlah backlink unik yang diperoleh Blog anda.Jadi jika telah memperoleh 20 tautan eksternal dari dua website yang berbeda,maka anda hanya memiliki dua tautan domain.Menghasilkan beberapa tautan dari website yang berbeda akan meningkatkan peringkat Blog lebih daripada mendapatkan banyak tautan dari website yang sama.
  • MozRank – MozRank adalah metrik yang digunakan untuk menilai kekuatan Backlink eksternal Blog anda.Metrik Ini memperhitungkan tidak hanya jumlah Backlink yang mengarah kembali ke blog anda,tetapi juga kualitas dari backlink tersebut.Kualitas cenderung mengalahkan kuantitas,yang berarti bahwa satu backlink eksternal yang berkualitas tinggi lebih baik daripada seratus backlink dengan berkualitas rendah.MozRank menggunakan skala 0-10 (dengan 10 sebagai yang tertinggi).Peringkat MozRank rata-rata untuk situs web adalah 3,Baca: Cara Membangun Backlink.
  • MozTrust – Seperti MozRank,MozTrust adalah metrik yang digunakan untuk membantu menentukan kualitas backlink eksternal Blog anda.Namun,metrik ini sedikit lebih spesifik karena mengukur seberapa dekat blog anda terhubung ke website tepercaya.Website tepercaya adalah seperti situs .edu atau .gov.Bahkan jika situs .edu atau .gov tertaut ke situs yang kemudian terhubung dengan anda,itu dianggap sebagai tanda kepercayaan yang membantu meningkatkan MozTrustrating,yang juga didasarkan pada peringkat 0-10.
  • Konten Berkualitas – Konten adalah salah satu faktor utama yang mendasari peringkat sebuah Blog di mesin pencari,sehingga tidak mengherankan bahwa kualitas konten sebuah Blog merupakan faktor dalam menentukan Domain Authority.Meskipun Domain Authority dapat membantu meningkatkan peringkat,namun juga berkorelasi erat dengannya.
  • Sosial Sinyal – Google menggunakan sinyal sosial sebagai salah satu faktor utama dalam mengidentifikasi konten berkualitas baik.Moz menggunakan sinyal sosial yang sama dalam menentukan Domain Authority sebuah blog atau website.

Search Engine Friendliness – Ini mengacu pada penggunaan SEO serta struktur situs dan keramahan pengguna Blog anda.Struktur situs dapat secara langsung mempengaruhi kegunaan dalam struktur situs yang buruk membuat situs Anda sulit dinavigasi.Ini juga menyulitkan mesin pencari untuk merayapi dan mengindeks situs anda dengan benar,yang dapat merusak peringkat Anda.metrik Keramahan Mesin Pencari (Search Engine Friendliness) Ini juga penting untuk Domain Authority Blog anda.

7 Langkah Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) Blog

Sekarang setelah anda memahami mengapa Domain Authority (DA) penting dan faktor peringkat yang digunakan oleh Moz untuk menentukan Domain Authority sebuah website,Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana dapat menggunakannya untuk benar-benar meningkatkan skor Domain Authority Blog anda.

Berikut ini adalah 7 langkah yang harus anda ikuti,sejak awal pembuatan Blog atau website

Langkah 1: Pilih Nama Domain yang Baik

Jika anda baru memulai,maka pilih nama domain yang relevan dengan website Anda.misalnya jika anda berfokus pada bidang SEO maka pilihlah nama domain yang mengandung kata SEO yang menjelaskan mengapa blog tersebut memiliki kata kunci ‘SEO’ di domain tersebut.

Dan yang tidak kalah penting,nama domain harus menjadi sesuatu yang relatif mudah diingat sehingga pengunjung tidak akan memiliki masalah kembali ke Blog anda karena mereka lupa nama domain Anda.Anda bahkan mungkin ingin membeli domain lama (Aged Domain) sehingga Anda tidak perlu membuat usia domain.

Jika anda sudah memiliki domain,pastikan domain itu tidak akan segera kadaluwarsa dengan memperbarui setidaknya tiga hingga lima tahun.

Langkah 2: Optimalkan Konten Di Halaman Anda

SEO penting untuk peringkat mesin pencari Google dan juga Domain Authority,jadi pastikan anda mengoptimalkan semua kode pada halaman,termasuk tag judul,tag alt gambar,dan konten itu sendiri.

Selain itu,sertakan variasi kata kunci utama anda,pastikan semua permalink blog anda pendek dan relevan,dan buat bagian sidebar untuk posting baru.Baca: 5 Tips SEO Di Tahun 2019

Langkah 3: Buat Konten yang Dapat Ditautkan

Untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi dari berbagai domain,yang digunakan baik oleh MozRank dan MozTrust sebagai faktor penting,Anda perlu membuat konten berkualitas tinggi yang diterbitkan secara berkala.

Semakin baik konten anda,semakin besar kemungkinan situs otoritatif lain akan terhubung dengannya.Ini berarti bahwa konten anda harus relevan dengan merek anda dan audiens Anda, informatif,kreatif,dan ditulis dengan baik.

Langkah 4: Tingkatkan Struktur Internal Link

Banyak swebsite sangat khawatir tentang mendapatkan backlink eksternal sehingga mereka mengabaikan pentingnya backlink internal.Internal Link membantu mengarahkan pengunjung ke apa yang ingin mereka temukan,sehingga meningkatkan pengalaman pengguna mereka.Ini berarti bahwa jika mereka menggali dalam ke katalog posting blog Anda,mereka masih dapat dengan mudah menemukan jalan mereka ke beranda anda dengan salah satu tautan internal anda. Selain itu,Internal Links memudahkan mesin pencari untuk mengindeks seluruh situs anda.

Langkah 5: Pastikan Blog Anda Mobile-Friendly

Sejumlah besar pengguna online mengakses web melalui perangkat seluler.Jika blog anda belum dioptimalkan untuk penggunaan seluler,maka Anda jauh di belakang.

Tidak hanya akan merusak peringkat mesin pencari seluler anda,tetapi anda akan kehilangan banyak pengunjung yang hanya akan meninggalkan situs Anda begitu mereka menyadari bahwa itu tidak ditampilkan dengan benar di smartphone atau tablet mereka.

Untuk memeriksa apakah blog anda ramah seluler atau tidak, Anda dapat mengunjungi halaman Tes Ramah Seluler ini oleh Google Developers. Ini akan menganalisis halaman web Anda dan memberi tahu Anda seberapa ramah situs anda dengan seluler.

Langkah 6: Tingkatkan Kecepatan Loading Web Anda

Kecepatan loading yang buruk dapat berdampak buruk pada bounce rate,Sebagian besar pengguna memiliki sedikit kesabaran untuk halaman yang membutuhkan waktu terlalu lama untuk memuat dan akhirnya meninggalkan Blog anda sama sekali jika kesabaran mereka habis.

Anda juga dapat memeriksa kecepatan loading web anda dengan alat PageSpeed oleh Google Developers,yang juga akan menganalisis kecepatan situs anda,itu akan mengidentifikasi beberapa cara bagi Anda untuk membuat situs Anda lebih cepat dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Langkah 7: Promosikan Konten Anda Melalui Media Sosial

Karena sinyal sosial adalah faktor peringkat besar,Anda perlu mempromosikan konten anda di media sosial untuk mendapatkan sinyal tersebut.Kalau tidak,konten anda hanya akan duduk di situs anda dengan sendirinya.

Posting tautan ke konten Anda di berbagai halaman media sosial anda dan pastikan untuk mendorong pengikut untuk menyukai,berbagi,atau mengomentarinya.Anda juga harus memasukkan tombol berbagi sosial langsung di halaman web anda.

Domain Authority penting karena sejumlah alasan,Ini memungkinkan anda untuk menilai keseluruhan kinerja blog anda.Domain Authority juga memungkinkan anda membandingkan skor dengan situs pesaing untuk melihat di mana anda berdiri.

Dengan dapat mengidentifikasi Domain Authority dari situs lain,Anda juga dapat mengidentifikasi situs lain yang layak untuk ditautkan di konten Anda serta situs yang merupakan otoritas industri yang ber prospek untuk menjalin hubungan dengan mereka.Belum lagi itu dapat membantu mendatangkan traffic yang lebih kuat.

Baiklah pembaca yang budiman,itulah adalah panduan cepat untuk memeriksa Domain Authority dan jangan lupa share artikel tentang Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) Blog ini,salam SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!