Tips SEO WordPress Terbaik Untuk Pemula

SEO Wordpress

Tips SEO WordPress Terbaik Untuk Pemula – Para pemula yang baru belajar SEO mempunyai banyak tantangan.Ada begitu banyak hal yang harus dilakukan dan dipelajari di awal yang membuatnya sedikit bingung untuk membedakan antara tugas-tugas yang penting dan harus dilakukan terlebih dahulu dan tugas-tugas paling tidak penting yang dapat diimplementasikan nanti.

Memang benar bahwa ada banyak informasi tentang ‘SEO WordPress’ di internet,Masalahnya adalah jika anda baru mengenal WordPress dan SEO secara umum,Anda tidak tahu dari mana harus memulainya.

Apa yang akan anda pelajari dalam posting ini adalah bagaimana belajar tips optimasi SEO dari situs berbasis WordPress (baik yang baru atau yang sudah ada) dengan mengikuti praktek terbaik SEO yang terbukti berhasil.

Tips SEO WordPress Untuk Pemula

7 Langkah Tips SEO WordPress:

  1. Pilih Template WordPress SEO Friendly
  2. Pilih Penyedia Hosting yang Ramah SEO
  3. Pastikan Website anda Aman
  4. Periksa SEO Teknis anda
  5. Optimalkan SEO Onpage
  6. Buat konten yang memuaskan niat pengguna
  7. Promosikan Website anda (SEO Off-Page)

1.Pilih Tema WordPress SEO Friendly

Saya memutuskan untuk menambahkan ini sebagai nomer satu dalam daftar karena jika anda tidak menggunakan Template yang SEO friendly,Maka itu mungkin akan menjadi lebih sulit untuk meningkatkan peringkat Anda

Dari pengalaman saya,banyak orang yang tidak tahu apa yang harus dicari dalam Template WordPress sehingga ramah mesin pencari atau mereka mengabaikannya sama sekali dan ini adalah kesalahan besar.

Bagaimana cara memilih tema yang SEO friendly?

Tema WordPress yang bagus memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

Mobile Friendly – Memiliki website yang Mobile Friendly adalah suatu keharusan dan jika tema WordPress anda yang sekarang tidak responsif maka ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk mempertimbangkan melakukan desain ulang.

Google memperkenalkan Mobile Friendly sebagai sinyal peringkat pada tahun 2013 dan ini berarti bahwa jika Website anda tidak dioptimalkan untuk seluler,maka anda akan kehilangan 50% dari lalu lintas potensial yang menavigasi web di seluler.

Kedua,Anda tidak akan bisa mengambil keuntungan dari banyak manfaat yang ditawarkan desain responsif sebuah Template untuk bisnis online dan ini dapat berdampak negatif pada tingkat konversi dan penjualan andaPilih Penyedia Hosting yang Ramah SEO

2. Pilih Penyedia Hosting yang Ramah SEO

Berikutnya dalam daftar adalah hosting ramah SEO,Banyak kali penyedia hosting yang dapat secara tidak langsung mempengaruhi upaya SEO Anda,tanpa menyadarinya.

Saya telah melihat kasus di mana penyedia hosting menambahkan batasan dalam robots.txt sebuah website untuk memblokir bot agar tidak mengakses konten penuh website tersebut atau dengan membatasi waktu selama website di crawl atau dengan menambahkan penundaan pada tingkat perayapan dan ini memiliki dampak negatif untuk SEO anda.

Ada sejumlah penyedia hosting yang baik di luar sana sehingga saya tidak akan membuat rekomendasi khusus selain menyebutkan bahwa WordPress akan berjalan lebih baik di hosting VPS (Virtual Private Server) dibandingkan dengan shared hosting.

Dengan memakai VPS,Maka website anda akan berjalan lebih cepat,lebih aman dan jika anda memilih penyedia hosting yang handal,Anda juga akan memiliki support yang cepat ketika anda membutuhkannya.

3. Pastikan Website anda Aman

Bagaimana keamanan WordPress terkait dengan SEO? Website yang tidak memiliki perlindungan kuat akan mudah sekali untuk diretas dan biasanya website tersebut dimuat dengan kode jahat yang menambahkan tautan keluar ke swesbite dengan reputasi buruk.

Dalam banyak kasus,pemilik website tidak memiliki petunjuk bahwa ini terjadi,para peretas menggunakan cara cerdas untuk meretas sebuah website dan menambahkan kode yang hanya bisa terlihat dalam kondisi tertentu.

Hasilnya? Peringkat anda akan turun drastis dan bisa saja website anda dihapus dari hasil pencarian Google sampai anda mengambil tindakan untuk membersihkan malware dan mengirimkan permintaan pertimbangan ulang.

4. Periksa SEO Teknis Anda

SEO teknis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengaturan yang perlu anda konfigurasi untuk meningkatkan pengindeksan website anda dan memastikan bahwa tidak ada keslahan teknis yang dapat mencegah bot mesin pencari mengakses konten Anda.

  • Dapatkah mesin pencari mengakses swebsite anda atau apakah robots.txt anda memblokirnya?
  • Apakah Peta Situs XML anda dioptimalkan dan dikirimkan ke Google dan Bing?
  • Apakah Anda menetapkan domain yang disukai di WordPress dan Google Search Console?
  • Apakah Anda memberi pengguna peta situs HTML?
  • Apakah Anda memiliki halaman 404 khusus yang dikonfigurasi dengan benar?
  • Apakah Anda menggunakan pengalihan (301, 302) dengan benar?
  • Apakah website Anda dikonfigurasi untuk menangani permintaan http:// dan http://www?
  • Apakah Anda memanfaatkan data dan skema terstruktur?
  • Apakah ada tautan yang rusak (Broken Link) di konten Anda?
  • Apakah ada kesalahan perayapan atau tidak ditemukan yang dilaporkan di oogle Search Console?
  • Apakah Anda mengatur URL canonical dengan benar untuk semua halaman situs web Anda?
  • Apakah website Anda Mobile Friendly?
  • Apakah website anda mempunyai loading yang cepat?
  • Apakah Anda menggunakan SSL?

Meskipun menggunakan kata ‘Teknis’,Anda tidak harus menjadi seorang Pakar SEO untuk menangani masalah ini.Jika ini terdengar terlalu rumit untuk anda,Maka anda dapat membaca petunjuk langkah demi langkah di Artikel arikel yang ada di Blog ini.

5. Optimalkan SEO Pada halaman Anda

Setelah anda selesai dengan hal-hal SEO teknis,Maka sekarang waktunya untuk berkonsentrasi pada SEO Onpage.seperti namanya,SEO Onpage ada hubungannya dengan halaman (atau posting) dan bagaimana anda dapat mengoptimalkannya dengan lebih baik.

Judul SEO Friendly – Ini mungkin elemen yang paling dibahas dalam SEO.

Judul halaman sangat penting karena ini adalah sinyal kuat pertama yang dapat anda kirim ke pengguna dan mesin pencari dan menggambarkannya dalam waktu kurang dari 60 karakter,tentang apa halaman tersebut.

Salah satu contoh yang ingin saya gunakan untuk menjelaskan cara membuat judul halaman yang baik,adalah yang digunakan oleh Google AdSense.

Lihatlah screenshot di bawah ini dan perhatikan bagaimana kata kunci berbaur dengan baik dalam judul diikuti dengan nama produk.

Meta Description Optimization – Konsep yang sama berlaku untuk deskripsi meta halaman.

Bagian ini dapat dipilih oleh Google untuk ditampilkan dalam hasil pencarian sehingga harus deskriptif dan menarik untuk mendorong pengguna mengklik dan mengunjungi website anda.

Optimasi tag H1 – Elemen SEO Onpage lainnya adalah tag H1.Seperti disebutkan di atas,tag H1 ini tergantung pada bagaimana Template anda dikonfigurasikan.Yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa hanya ada satu tag H1 pada halaman

Internal link – Link yang menunjuk ke halaman lain dalam website anda dianggap sebagai Internal link.

Anda dapat menggunakannya untuk membantu pengguna menemukan lebih banyak informasi tentang topik tertentu dan pada saat yang sama anda membantu crawler mesin pencari dalam menemukan lebih banyak halaman dari website anda.

Outgoing Limk – Sebenarnya ini adalah hal yang normal untuk memiliki link keluar di dalam konten anda yang menunjuk ke website eksternal.Google menafsirkan tautan ini sebagai ‘suara kepercayaan’ dan masih merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi posisi peringkat suatu halaman.

Masalah tentang Backlink secara umum adalah mereka dapat dimanipulasi,Banyak webmaster dalam upaya meningkatkan peringkat website mereka,mereka dapat menghubungi webmaster lain untuk meminta backlink baik secara gratis,ataupun dengan membeli.

Bagaimana outgoing link terkait dengan SEO Onpage? Jika Google percaya bahwa Backlink di halaman anda adalah bagian dari kesepakatan,Maka website anda akan dihukum dan terkena penalti Google. Baca: Cara Membangun Backlink

6. Buat konten yang memuaskan niat pengguna

Meskipun konten adalah bagian dari proses SEO Onpage,saya menambahkannya sebagai bagian terpisah sehingga lebih penting.Banyak hal telah berubah dari SEO.Saat ini konten tidak lagi tentang kata kunci tetapi juga tentang memahami maksud pengguna.

Setiap konten yang tidak memperhitungkan apa yang dicari oleh pencari ketika mengetik kata kunci tertentu di Google,maka tidak ada peluang bagi website tersebut untuk mendapatkan peringkat tinggi.

Itulah mengapa penting untuk tidak melupakan peran konten ketika berbicara tentang peringkat dan SEO baik menggunakan WordPress atau platform lainnya.

7. Promosikan Situs Web Anda (SEO OffPage)

Offpage SEO adalah bagian terakhir dari teka-teki untuk mengoptimalkan SEO WordPress anda.

Sejauh ini semua tindakan yang dilakukan berkaitan dengan perubahan atau pengaturan yang dapat anda sesuaikan dalam situs web Anda.

SEO Offpage adalah tentang memberikan lebih banyak alasan kepada mesin pencari untuk lebih mempercayai website anda daripada yang lain.

Poin-Poin Utama

Jika anda seorang pemula uyang baru belajar SEO WordPress,Maka anda perlu memahami bahwa ada lebih dari satu faktor yang berperan dalam peringkat.

Pertama,Anda harus mulai dengan memeriksa Template WordPress anda,hosting dan keamanan.

Setelah itu anda perlu memeriksa SEO teknis secara menyeluruh dan memastikan bahwa bot mesin pencari dapat mengakses dan memahami konten dan struktur website anda.

Selanjutnya,Anda perlu memberikan perhatian khusus untuk SEO Onpage.Karena ini adalah bagian di mana anda dapat mengirim banyak sinyal ke mesin pencari tentang arti konten dan tujuan halaman anda.

Dan yang terakhir,jangan lupakan juga bahwa kesuksesan jangka panjang datang melalui kualitas konten anda dan bagaimana website lain di Internet memberikan backlink ke wesbite anda (SEO Offpage).

Untuk para pemula,jangan pernah berhenti untuk Belajar SEO.Dan jika kalian ingin lebih memahami SEO Worpress,saran saya baca berulang kali artikel Tips SEO WordPress Terbaik Untuk Pemula agar kalian lebih paham,salam SEO.

error: Content is protected !!